Kamis, 23 April 2009

Pengenalan Keamanan Jarkom

1. Software bugs, dari istilah lainnya software open source yaitu Pengembangan software berbasiskan open source, saat ini telah menjadi suatu fenomena tersendiri. Model ini telah berkembang sejak awal mula perkembangan teknologi komputer, namun kini telah menjadi semakin populer terutama berkat pemakaian Internet di berbagai bidang. Banyak software-software yang mendukung Internet merupakan software open source. Gema open source pun telah sampai hingga Indonesia, terbukti dengan mulai munculnya proyek-proyek yang bersifat open source, berkisar dari proyek pengembangan software hingga pembuatan dokumentasi. Perkembangan ini tentu saja sangat membanggakan. Namun demikian pengembangan software berbasiskan open source di Indonesia masih memiliki banyak hambatan yang sewaktu-waktu dapat mengancam kelangsungannya, oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengatasinya. Saat ini open source telah menjadi suatu tren dan berita besar di berbagai media massa. Berbagai perusahaan perangkat lunak besar, seperti IBM, Oracle, Sun, pun berbondong-bondong mengumumkan bahwa produk-produk yang dihasilkannya adalah produk open source. Namun demikian apakah sebenarnya open source tersebut.

2. Hardware bugs, dengan istilah lainnya hardware key yaitu Sarana fisik yang digunakan untuk mengamankan sistem komputer dari penggunaan yang tidak sah.

3. Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi. Ada beberapa sumber radiasi yang kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampu penerangan, alat pemanas makanan (microwave oven), komputer, dan lain-lain.

4.
Tapping merupakan sebuah terapi yang menggunakan dua buah jari yang dapat menyembuhkan. Tapping merupakan rangkaian dari pengobatan yang dikenal di Amerika sebagai Teknik Pembebasan Emosi (Emotional Freedom Technique/ EFT). Teknik pembebasan emosi atau EFT merupakan teori dasar dalam ilmu psikologi. Jika diri terkendali, akan ada gelombang elektromagnetik tertentu yang akan mengatur tubuh menjalankan fungsinya secara baik. Kemudian selang beberapa lama, Ahmad Faiz Zainuddin, seorang sarjana psikologi lulusan Universitas Arlangga memperoleh ilmu EFT langsung dari Gary Craig. Dan kemudian menambahkan unsur spiritualnya, sehingga menjadi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique).

5. Crosstalk
adalah Gangguan dalam proses pengiriman data/informasi antar stasiun berupa masuknya sinyal yang tidak diinginkan dari jalur yang terletak berhimpitan. Sering terjadi pada pengiriman jarak jauh atau sinyal berfrekuensi tinggi.

6. Unauthorized (
VLAN) merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik
seperti LAN , hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara
virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan
membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat
segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada
lokasi workstation
7. Hardcopy adalah Salinan suatu dokumen dalam bentuk cetakan, biasanya cetakan ke kertas. Dokumen tersebut bisa dibaca dan dilihat langsung oleh manusia tanpa memerlukan peralatan bantuan.

8. Oversight (keteledoran), meurut BPTN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir.
Salah satu misi BAPETEN yang utama adalah peningkatan kualitas pengawasan instalasi nuklir secara terus-menerus, sehingga tingkat keselamatan dan keamanan reaktor nuklir dapat terjamin terutama untuk menjamin keamanan masyarakat. Oleh karena itu, workshop pengawasan pengoperasian reaktor penelitian dipandang perlu diadakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger